5 Hal Tentang Camping Yang Bermanfaat Untuk Diri Sendiri


Camping atau Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Camping biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan tenda, di Kawasan terpencil, atau tanpa atap sama sekali.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kemah adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya. Perkemahan. Untuk kamu yang jenuh dan butuh suasana baru dari hiruk pikuk kota, camping adalah solusi untuk rehat sejenak dan memulai kegiatan dengan penuh semangat dan cara pandang baru tentang kehidupan.

 

Apa saja sih manfaat dari camping bagi diri sendiri? Nah kami membuat 5 poin dan akan mengulasnya.

 

  1. Menjaga dan mengembalikan ritme sirkadian

 

Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam. Ini dapat merujuk pada proses biologis yang menampilkan osilasi endogen, entrainable sekitar 24 jam.

Sebuah penelitian pada 2013 dari University of Colorado Boulder mempelajari bagaimana camping memengaruhi ritme sirkadian. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa peserta yang berkemah selama satu minggu mengalami peningkatan yang besar dalam pola tidur dan biologis sirkadian mereka. Bahkan, ahli juga menjelaskan bahwa camping selama satu minggu (menjauh dari cahaya buatan) mengembalikan ritme sirkadian yang terganggu.

Untuk lebih spesifiknya lagi, penemuan tersebut menemukan bahwa kadar melatonin naik 2 jam lebih awal ketika camping, ketimbang ketika tidur malam biasa di bawah paparan cahaya buatan.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa jadwal dan pola tidur semua peserta kembali normal setelah menghabiskan waktu berkemah selama satu minggu. Hal tersebut sangat bermanfaat, kan? Apalagi, beberapa penyakit kronis (mulai dari penyakit jantung sampai kanker) seringkali juga disebabkan oleh kurangnya kualitas dan frekuensi tidur.

 

 

  1. Menginap di hutan meredakan stress

 

Kamu bisa belajar dari orang Jepang nih. Mereka memiliki metode kesehatan nasional yang disebut ‘mandi hutan’. Orang Jepang sudah menghabiskan miliaran untuk mempelajari efek kesehatan selama aktivitas mandi hutan ini. Menghabiskan akhir minggu di hutan secara alami meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh bakteri dan virus di dalam tubuh.

 

Hal tersebut berlangsung selama satu bulan setelah menghabiskan satu akhir minggu di alam. Udara hutan mengandung phytoncide, senyawa alami yang berasal dari tumbuhan dan pohon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup phytoncide dapat meningkatkan fungsi sistem imun.

 

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam selama 30 menit bisa menurunkan kortisol (hormon stres) dan tekanan darah. Bahkan, penelitian yang membandingkan orang yang menghabiskan satu hari di kota dan orang yang menghabiskan satu hari di alam menemukan bahwa lingkungan hutan mempromosikan kadar kortisol lebih rendah, detak jantung lebih tenang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik, dan menurunkan aktivitas saraf simpatetik.

 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berkemah di alam terbuka dan menjauh dari paparan cahaya buatan dapat mengembalikan ritme sirkadian tubuh. Itu berarti, hal tersebut juga meningkatkan kualitas tidur.

 

Mungkin bayangan tidur di atas tanah menggunakan sleeping bag terkesan tidak seperti cara yang baik untuk merelaksasi diri. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa orang akan mendapatkan tidur yang lebih dalam dan nyenyak jika tidur di alam. Jadi, meskipun tidak senyaman tidur di kasur yang empuk, tidur di alam akan memberikan Kamu kualitas tidur yang lebih tinggi dari segi biologis.

 

  1. Menghabiskan waktu dengan keluarga dan menjauh sejenak dari aktivitas

 

Salah satu hal terbaik dari melakukan camping adalah mendapatkan waktu untuk menjauh dari kepenatan aktivitas, teknologi, dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Kamu pasti sering mendengar nasihat kan, bahwa kita harus menjauh dari gadget dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang lain. Namun, hal tersebut bisa sulit dilakukan ketika kita sedang beraktivitas sehari-hari.

 

Dengan melakukan camping, Kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, sambil menikmati alam, dan meningkatkan kesehatan. Dengan  begitu, Kamu juga mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam.

 

  1. Olahraga sambil menikmati keindahan alam

 

Salah satu hal terbaik dari berkemah adalah bisa menikmati keindahan alam. Tanpa televisi, video games, dan gadget lainnya yang ada di rumah, Kamu akan terdorong untuk berjalan-jalan dan berjelajah di sekitar area berkemah.

 

 

Jalan kaki itu termasuk aktivitas olahraga. Maka itu, dengan berjalan-jalan di alam, berarti Kamu sudah berolahraga di tempat dengan konsentrasi oksigen tinggi dan terkena paparan cahaya alami. Tentu saja hal tersebut memiliki manfaat yang lebih banyak, ketimbang olahraga di kota.

 

Manfaat dari camping di atas ternyata sangat baik untuk tubuh maupun pikiran. Healing Menghirup udara segar salah satu manfaat camping lainnya.  Para ahli sudah mewanti-wanti bahwa udara di dalam ruangan seringkali mengandung lebih banyak polusi ketimbang di udara luar. Mereka merekomendasikan supaya sering-sering membuka jendela dan membuat ventilasi udara yang baik di rumah.

Daerah yang memiliki banyak pohon dan tumbuhan memiliki konsentrasi oksigen yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, berkemah di hutan memperlancar sistem pernafasan dan merelaksasi diri. Bagaimana kamu sudah tertarik untuk mencoba camping? Kami merekomendasikan camping sesuai dengan tempat-tempat yang sudah dijelaskan di sebelumnya, nah di Bale Bambu Adventure terdapat camping ground yang sesuai, nyaman, dan tentu saja menyenangkan.

 

Bale Bambu Adventure memiliki tempat yang luas dikelilingi alam pengunungan yang sejuk, dengan pemandangan sungai Ciwidey yang alami dan sangat cocok untuk dijadikan tempat camping untuk anda yang ingin santai dan istirahat dari penatnya kehidupan kota. Bale Bambu Adventure menyediakan camping ground lengkap dengan fasilitasnya yang cocok untuk liburan bersama keluarga ataupun untuk acara kantor. Untuk paket camping yang dipadukan dengan kegiatan lain dapat melihat di Paket Spesial yang kami sediakan.

 

Harga terjangkau, kualitas terbaik, dan manfaat kesehatan dari camping di alam terbuka sudah pasti didapatkan. Mulai dari sekarang, kamu bisa mencoba buat rencana untuk berkemah bersama keluarga, teman kantor, klub, karang taruna, geng solid, saudara, dan siapa pun untuk merasakan Kesehatan untuk individu maupun kelompok. Kamu bisa merasakan sendiri manfaat-manfaat positif dari camping!

 

ilmuwan dunia Albert Einstein adalah, “Lihatlah alam secara seksama, maka Kamu akan mengerti segala hal dengan lebih baik”. Di dunia masa kini, dimana segalanya serba cepat dan padat akan aktivitas, kita seringkali melupakan pentingnya berhubungan dengan alam serta beragam manfaatnya.

Bahkan, menghabiskan beberapa menit saja di alam atau duduk sejenak di luar saja sudah sangat bermanfaat. Api unggun, tidur di alam terbuka, makanan lezat, berbagi cerita, tawa, dan kebahagiaan. Duh siapa yang tidak mau mencoba hal-hal tersebut? Sudahkah kamu mencoba camping hari ini?

 

 

 

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a comment