Pengertian dan Pentingnya Outbound


Outbound adalah sebuah kata yang sering diucapkan untuk menggambarkan sebuah kegiatan di luar ruangan. Kata ini semakin populer seiring dengan maraknya pelaksanaan kegiatan outbound oleh berbagai perusahaan. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa itu Outbound?

 

Berikut adalah pengertian, permainan, tujuan serta manfaat Outbound yang perlu kamu ketahui. Pengertian outbound Secara teoritis, dapat dikatakan bahwa outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang diimplementasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegen, fisik, dan mental.

 

Menurut sejarahnya, Dr. Kurt Hant yang lahir di Jerman pada 5 Juni 1886 adalah seorang cendekiawan orang yang menemukan dan memperkenalkan ilmu serta terapan pendidikan inovatif outbound. Saat ini, semua kegiatan outbound telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan. Dalam terapan tersebut terdapat beberapa klasifikasi outbound yang sesuai untuk kamu

 

  1. Berdasarkan Pemain

Apabila dilihat dari para pemain yang terlibat dalam kegiatan Outbound, maka Outbound dapat dibagi menjadi 2, yaitu;

  1. Outbound Anak (Kids)

Outbound Anak atau Outbound Kids merupakan suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh anak-anak yang berumur berkisar antara umur 5 tahun keatas sampai umur 15 tahun. Biasanya outbound anak bertujuan mengembangkan kepencayaan diri , keberanian dan daya kretifitas.

  1. Outbound Dewasa (Adult)

Outbound dewasa atau Outbound Adult merupakan suatu kegiatan outbound yang dilakukan oleh seseorang dengan umur lebih dari tujuh belas tahun keatas. Outbound dewasa memiliki beragam permainan yang memacu jantung atau andrenalin, diantaranya adalah arum jeram, art rope dan lain sebagainya.

 

  1. Berdasarkan Jenis Permainan

Apabila dilihat dari jenis-jenis permainan atau game yang dilakukan, maka Outbound dapat dibagi menjadi 2.

  1. Outbound Soft Skill

Outbound soft skill merupakan suatu kegiatan outbound yang dilakukan untuk pengembangan personal dan interpersonal, biasanya berupa kemampuan (bakat)atau keterampilan. Permainan outbound soft skill ini dirancang sedimikian rupa sehingga tidak perlukan fisik yang berlebih untuk melakukanya.

  1. Outbound Hard Skill

Outbound hard skill merupakan suatu kegiatan outbound yang dilakukan untuk ketrampilan teknis atau penguasaan bidang sesorang sehingga mudah dilakukan dan diterapkan. Biasanya outbound di fokuskan untuk ketrampilan seseorng sehingga diperlukan kecepatan dan ketepatan.

Beberapa permainan outbound yang populer adalah sebagai berikut.

  1. Outbound Training
  2. Arum jeram (rafting)
  3. Paint Ball (war game)
  4. High Rope aktivity seperti Flying Fox
  5. Fun Outing
  6. Family Gathering
  7. Camping

 

Ada pun Tujuan outbound seperti yang sudah dijelaskan di atas. Masing-masing dari individu mungkin memiliki tujuan tersendiri saat melaksanakan kegiatan outbound. Berikut ini adalah tujuan-tujuan yang seringkali ingin dicapai dari sebuah kegiatan outbound.

  1. Team building

Team building adalah bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok.

  1. Team work

Team work adalah suatu bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama

  1. Komunikasi.

Komunikasi adalah suatu proses dan tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.

  1. Leadhersip

Leadership adalah kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

  1. Konsentrasi

Konsentrasi adalah proses peningkatan daya fokus dan daya ingat fikiran seseorang terhadap sesuatu.

  1. Kreativitas

Kreativitas adalah suatu proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan.

  1. Strategi Planning

Strategi planning adalah suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan.

  1. Analisis

Analisis adalah kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu sehingga mudah dipahami dan dipecahkan.

  1. Confidence

Confidence adalah peningkatan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya.

Saat pengertian, jenis, dan tujuan outbound sudah kamu dapatkan. Kini Manfaat outbound sendiri apa sih? Akan kami bahas pula beberapa poin manfaat bagi diri sendiri maupun kelompok.

  1. Menjalin Silahturahmi
  2. Melepas penat atau kejenuhan rutinitas
  3. Mendapatkan ilmu materi yang disisipkan dalam permainan outbound
  4. Lebih mengenal lingkungan
  5. Membangun percaya diri
  6. Menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen

 

Setelah kamu mengetahui berbagai hal tentang Outbound, mungkin kamu berpikir untuk mengadakan outbound di perusahaan atau perkumpulan komunitas maupun organisasi untuk berlibur bersama.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kegiatan outbound, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai outbound di daerah yang sejuk dan menjernihkan pikiran. Outbound Ciwidey menjadi salah satu rekomendasi. Kegiatan outbound yang sudah tercipta secara alami, berbagai bentuk outbound yang variative, dan tentu saja kehangatan maupun keseruan kelompok.

Kamu bisa mencoba rafting di Bale Bambu, offroad kawasan kawah putih, paintball dengan lapangan yang cocok dan tingkat kesulitan beragam. Untuk makanan dan minuman, tidak perlu diragukan maupun dipertanyakan. Kelezatan makanan khas Sunda dan minuman hangat dari tanaman petani setempat, belum lagi buah maupun sayuran segar yang tentunya menyehatkan tubuh dan pikiran.

Outbound kamu akan semakin lengkap dengan pergi ke Ciwidey dan membuktikan sehat secara jasmani dan rohani, eits satu hal lagi harganya pun terjangkau lho. Tertarik untuk outbound di Ciwidey? Langsung aja pergi ke Ciwidey yuk.

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a comment