Rafting Untuk Pemula dengan Keseruan Maksimal


Rafting atau arung jeram merupakan kegiatan mengarungi jeram-jeram sungai yang sangat menantang. Rafting termasuk ke dalam kategori olahraga air. Rafting memiliki sejarah yang cukup panjang sejak abad ke-19 yang di pelopori John Macgregor seorang pramuka asal Paman Sam (Amerika Serikat) yang waktu itu memimpin sebuah ekspedisi di Sungai Colorado. Perkembangan seiring waktu membawa olahraga arung jeram ke Indonesia dan berkembang sampai saat ini.

Rafting atau arung jeram selalu menjadi pilihan utama untuk refresing baik pria maupun wanita. Bersenang-senang sekaligus menaikkan adrenalin yang baik kadang membuat siapa pun ketagihan untuk mengulang dan mencobanya, namun tak jarang pulang olahraga rafting ini terkadang ditakuti oleh merek yang baru tahu atau ingin mencobanya.

 

Keraguan untuk melakukan aktivitas rafting karena merasa tidak dapat berenang atau takut terbawa arus sungai. Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah untuk dapat mengikuti aktivitas rafting harus dapat berenang?

 

Nah Jawabanya ternyata tidak harus dapat berenang untuk dapat ikut aktivitas arung jeram. Kenyataanya banyak peserta rafting tidak dapat berenang namun tetap ikut dalam aktivitas rafting. Tentunya resiko aktivitas raftingmasih tetap ada, Namun tak perlu risau karena keselamatan dan gear yang tepat selalu jadi standar utama dalam rafting. Berikut kami memberikan tips-tips rafting untuk kamu yang baru mau mencoba olahraga ini.

 

  1. Perhatikan Kesehatan Diri

Hal yang paling utama sebelum mencoba rafting untuk pertama kali, yaitu pastikan harus sehat yah. Sangat tidak direkomendasikan bagi wanita hamil, sedang demam, dan sakit berat lainnya. Jika ketahanan tubuh siap tentunya keseruan dalam mencoba rafting akan semakin menyenangkan, bukan? Sehat dan tubuh prima bisa buat kamulebih Bahagia.

 

  1. Beritahu Jika Kamu Tidak Bisa Berenang Kepada Guide

Jangan gengsi atau malu bila tidak bisa berenang. Kamu tinggal bilang kepada guide. Pemandu akan memprioritaskan kamu bila ada kejadian rafting terbalik dan tentu saja keamanan akan menjadi faktor utama untuk kamu merasa nyaman. Rafting ini olahraga untuk segala ender dengan pesyaratan yang berlaku untuk keamanan diri maupun kelompok

 

  1. Perlengkapan Aman dan Nyaman

Tips rafting untuk pemula selanjutnya adalah perlengkapan rafting sesuai prosedur dan protokol keamanan yang harus digunakan. Jika kamu melakukan aktifitas rafting, maka perlengkapan ini akan disediakan pemandu rafting dengan menyediakan helm dan jaket pelampung. Pilihlah jaket pelampung yang sesuai dengan ukuran badan kamu juga yah, tidak terlalu ketat ataupun tidak terlalu longgar. Jaket pelampung tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat  diatur kelonggaranya.

  1. Ikuti Instruksi Pemandu Rafting

Dayung memegang peranan vital untuk pengendalian perahu, sebelum kamu melakukan aktivitas rafting, kamu akan mendapatkan pelatihan dari pemandu rafting, mengenai cara menggunakan dayung yang benar. Teknik menggunakan dayung biasanya berdasarkan posisi duduk diatas perahu karet.

 

Baik bagi yang sering melakukan aktivitas rafting ataupun yang pertama kali, sebelum melakukan rafting, instruktur rafting pasti akan melakukan pengarahan tentang aba-aba rafting. Aba-aba tersebut antara lain “Maju”, “Mundur”. Jika kamu diinstruksikan untuk maju maka kamu akan diminta untuk mengayuh ke arah dalam dari posisi duduk. Begitu juga sebaliknya, jika kamu diinstruksikan mundur, maka kamu akan diminta mengayuh dari arah dalam keluar dari posisi duduk.

Selain itu ada juga instruksi kanan maju yang artinya hanya sisi kanan yang mengayuh maju atau kiri mundur. Hal ini berguna untuk membelokan perahu kearah tujuan. Juga ada aba-aba “STOP” yang artinya kamu harus berhenti untuk mengayuh. Aba-aba “pindah kanan” berati orang yang disebalah kiri perahu pindah tempat duduk ke sisi kanan perahu, begitu juga sebaliknya dengan aba-aba pindah kiri.

Jika anda mendengar instruksi “Boom”, maka kamu akan menghadapi jeram dan harus segera mengangkat dayung dan badan segera menunduk kearah perahu dan kuat-kuatlah berpegangan pada perahu agar kamu tidak terjatuh dari perahu.

 

  1. Tenang dan Percaya Pada Pemandu Rafting

Jika kamu terlempar dari perahu dan terjatuh ke sungai, janganlah panik! Karena kamu sudah memakai jaket pelampung. Arahkan kepala menghadap ke atas dengan posisi kaki terlentang, jangan melawan arus dan jangan membelakagi arus. Arahkan pandangan kamu ke depan ke arah arus dan angkatlah kaki. Ini berguna jika batu di depan, kamu dapat menahan dengan menggunakan kaki. Jika kamu terlempar cukup jauh, pemandu akan melempar tali ke kamu dan ingatlah bahwa di setiap arus sungai akan selalu ada staf pemandu rafting yang selalu siaga, keamanan akan selalu menjadi poin utama.

Ada saatnya pula perahu kamu akan terbalik baik karena arus jeram yang kuat atau disengaja untuk meningkatkan adrenalin. Jika perahu kamu terbalik, usahakanlah untuk tetap tenang, karena terdapat celah udara di perahu, keluarlah dari perahu dengan cara menyelam.

Nah 5 hal tips rafting di atas dapat kamu aplikasikan saat mencoba olahraga ini. Pepatah bilang kekhawatiran adalah imajinasi yang disalahgunakan, olahraga outbound maupun rafting ini telah dilakukan dengan orang-orang yang berpengalaman dan peralatan keamanan utama.

Jadi bagi kamu yang ingin mencoba rafting bagi pemula, kamu bisa mencobanya di Bale Bambu Adventure, Ciwidey. Kenapa harus mencoba di sini? Karena instruktur, sungai rafting, dan keamanan alat-alatnya dapat membantu dan mengurangi risiko saat rafting.

Bale Bambu Adventure menyediakan beberapa paket arung jeram (rafting) diantaranya short trip, medium trip, dan long trip dengan jeram grade 2-3. Start dapat dimulai dari Bale Bambu ataupun dari Leuwih Bilik dan berakhir di Sungapan untuk short trip dan di Leuwih Munding atau Leuwih Kuya Sodong untuk Long trip. Semua paket yang Bale Bambu Adventure sediakan ternyata memiliki harga yang terjangkau juga lho.

Arung jeram (rafting) di Ciwidey Bandung bersama kami dijamin akan memberikan kepuasan untuk kamu dan keluarga ataupun teman-teman. Silahkan pilih paket arung jeram (rafting) yang kami sediakan dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan sambil menikmati keindahan alam Ciwidey.

Selain itu kamu bisa dapatkan juga harga spesial untuk pemesanan lebih dari 20 orang setiap paketnya. Mudah-mudahan tips rafting untuk pemula dan rekomendasi tempat rafting Bale Bambu Adventure ini, bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba salah satu dari tempat olahraga rafting terbaik di Ciwidey.

 

Kapan lagi mencoba rafting untuk pertama kali atau yang sudah pernah ketagihan untuk mencobanya lagi di Bale Bambu Adventure. Selain rafting di sini kamu bisa mengabadikan foto saat rafting maupun outbound dengan paket yang menarik dan harga Sudha pasti amat sangat terjangkau loh. Kamu bisa melihat menu-menu paket rafting di Ciwidey ini dengan menelusuri websitenya Bale Bambu Adventure di www.balebambuadventure.com . Salah satu rekomendasi rafting yang dijamin amat berkesan dan menyenangkan.

 

 

 

 

Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a comment